4 Cara Berbicara dengan Orang Pendiam

Apakah anda memiliki seorang teman yang sifatnya pendiam dan minim kata-kata? Bagaimana cara anda mengobrol dan berbicara dengan teman anda yang seperti itu? Apakah anda yang harus menjadi seorang penceramah yang selalu berbicar terus-menerus didepannya tanpa ada jawaban saat mengobrol? Memang sedikit susah berbicara dengan orang yang sifatnya pendiam. Boro-boro mengawali pembicaraan, buka suara saja susah.

Berbicara dengan orang yang pendiam itu membuat diri kita sendiri merasa jengkel. Selain dia minim berbicara, terkadang dia pun tak suka dengan pembicaraan yang panjang. Dan disaat ingin mengobrol, jika kita tidak mengawali pembicaraan, sampai berjam-jam pun pasti akan tetap saling diam di tempat. Tentu akan terasa jenuh dan membosankan, karena tidak ada kata-kata yang keluar dari mulutnya untuk mengobrol.

Untuk mengobrol dan berbicara dengan orang yang pendiam, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa anda lakukan. Agar dia mau membuka suar dan mau mendengarkan pembicaraan kita. Untuk lebih jelasnya. Simak ulasan berikut ini tentang cara berbicara dengan orang pendiam:

4 Cara Berbicara dengan Orang Pendiam

1. Siapkan poin-poin yang ingin disampaikan

Sebelum anda bertemu dengan dirinya, anda siapkan dulu poin-poin yang ingin anda sampaikan kepadanya. Catatan poin-poin penting ini akan membantu anda untuk menjelaskan secara singkat dan mudah dipahami oleh dirinya. Tujuannya agar anda tidak capek bicara panjang lebar tapi minim jawaban darinya. Iya kalau dirinya paham, jika dia tidak paham, percuma anda bicara panjang lebar kepadanya.

2. Satu hal sekaligus

Seseorang yang bersifat pendiam kebanyakan tidak suka pembicaraan yang berbelit-belit dan panjang lebar. Mereka lebih suka yang simpel-simpel. Jika anda ingin menyampaikan beberapa hal yang penting. Sampaikanlah dalam satu waktu, dan juga diringkas serta dikemas dalam satu paket yang kalimatnya tidak panjang lebar. Agar dirinya tidak marah dengan pembicaraan anda.

3. Mendengarkan dengan seksama

Ketika dia berbicara, sebaiknya anda mendengarkan dengan seksama, apa saja inti dari pembicaraannya. Agar anda bisa tahu lebih jauh tentang pendapat dan juga pembicaraannya. Anda jangan memotong pembicaraan, jika anda memaksa untuk memotong pembicaraannya ditengah. Kemungkinan anda tidak akan mendapatkan jawaban dan tanggapan secara lengkap. Karena mungkin dirinya tidak akan mengulangi pembicaraannya lagi.

4. Biarkan dia yang memutuskan

Jika anda inging berbicara dengannya, bersabarlah. Anda jangan memaksa dirinya untuk berbicara di waktu yang anda inginkan. Karena dirinya tidak akan berbicara dengan baik jika ada unsur pemaksaan. Mereka akan berbicara tergantung dengan kondisi mood. Jika dirinya sedang tidak mood, kemungkinan dirinya akan tetap diam dan minim kata-kata.

Demikianlah 4 cara berbicara dengan orang pendiam. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

wdcfawqafwef