4 Penyebab Utama Terjadinya perceraian

Perceraian adalah berakhirnya suatu pernikahan. Perceraian didasari oleh ketidakmuan kedua pasangan untuk melanjutkan hidup bersama dalam ikatan pernikahan, dan perpisahan merupakan jalan yang tebaik baik bagi kedua belah pihak.

Perceraian merupakan hal yang paling menakutkan dalam pernikahan. Hal ini dikarenakan perceraian akan mengakibatkan efek buruk pada kedua belah pihak seperti patah hati, kecewa, trauma, gila, bahkan bisa menjadikan orang melakukan hal-hal yang nekat seperti bunuh diri. Perceraian berakibat pada masa depan anak anda. Anak kehilangan kasih sayang dari kedua orang tuannya.

Berbicara tentang perceraian, apasih sebenarnya yang menyebabkan pasangan ingin bercerai. Sebenarnya ada banyak hal yang menyebabkan pasangan bercerai, namun ada 5 penyebab paling sering membuat pasangan suami istri bercerai. Berikut 4 penyebab utama terjadinya perceraian.
4 Penyebab Utama Terjadinya perceraian

1. Masalah ekonomi

Sudah bukan rahasia lagi jika ekonomi merupakan kunci keharmonisan rumah tangga. Nahh jika keadaan ekonomi sudah lagi tak mendukung pati akan ada banyak percecokan dalam rumah tangga.  Penghasilan suami yang dirasa istri tidak membuat kehidupan rumah tangga menjadi tidak harmonis hingga akhirnya berujung pada perceraian.

2. Tidak ada lagi kepercayaan

Kepercayaan merupakan hal terpenting dalam suatu hubungan, terlebih dalam hubungan pernikahan, Tanpa adanya kepercayaan suatu hubungan tak akan pernah bisa berjalan lama, termasuk pernikahan.  Jika suami istri sudah lagi tak saling percaya dengan menuduh dan mencurigai ini dan itu, hal itu sudah menandakan pernikahan mereka sudah diujung tanduk, masalah kecil akan menjadi besar dan percecokanpun tak bisa dielakan. Jika sudah demikian tak ada jalan lain selain bercerai.

3. Komunikasi yang pasif

Hubungan apapun tak akan pernah terasa nyaman jika tidak ada komunikasi yang aktif didalamnnya. Beberapa peneliti mengungkapkan jika perceraian kerap menimpa pasangan yang memiliki komunikasi pasif. Pasangan masih saling tertutup dan tak banyak melakukan komunikasi. Jika anda ingin pernikahan anda langgeng tentunya anda dan pasangan anda untuk menghilangkan komunikasi pasif dan selalu saling terbuka.

4. Salah satu pasangan sakit keras

Sakit keras juag menjadi penyebab utama pasanga suami istri bercerai. Pasangan akan goyah ketika pasangannya menderita sakit keras. Mereka akan mencari pasangan lain sehingga pasangan yang menderita sakit keras akan ditinggalkannya. Namun banyak juga pasangan setia yang rela merawak kekasihnya yang sakit parah hingga sembuh kembali.

Demikianlah 4 penyebab utama terjadinya perceraian. Meskipun ke empat sebab tersebut tak selamanya berakhir dengan perceraian, namun anda dan pasangan anda wajib menghindari keempat penyebab tersebut agar hubungan anda dan pasangan anda langgeng. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

wdcfawqafwef