7 Masalah Kesehatan Serius bagi Pecandu Alkohol

Alkohol memiliki pengertian yang luas. Alkohol sering digunakan sebagai nama lain dari etanol, yang disebut juga grain alcohol. Dalam istilah kimia, alkohol merupakan senyawa organik yang memiliki gugus hidroksil (-OH) yang terikat pada atom karbon.

Sering kali orang menyalahgunakan alkohol sebagai kepentingan dirinya sendiri. Salah satunya sebagai minuman. Alkohol memang baik bila digunakan sebagai obat, seperti obat untuk luka ringan dan lainnya. Namun, sebenarnya alkohol tidak baik digunakan sebagai minuman, karena dapat memabukkan dan menghilangkan akal sehat manusia. Sebab itulah agama islam melarang dan mengharamkan minuman yang memabukkan, salah satunya yang mengandung alkohol.
Ketergantungan seseorang terhadap alkohol akan membuat dirinya kehilangan kendali untuk berhenti meminum. Pecandu minuman alkohol biasanya tidak memperdulikan efek samping yang ditimbulkannya, mereka akan tetap minum meskipun harus merasakan efeknya. Perlu anda ketahui, kecanduan terhadap alkohol akan mengakibatkan masalah yang sangat serius pada tubuh anda sendiri. Bahkan akan memicu munculnya penyaki-penyakit yang tidak diinginkan. Lalu apa masalah-masalah serius yang akan terjadi pada si pecandu alkohol. Berikut 7 masalah kesehatan serius  bagi pecandu alkohol:
7 Masalah Kesehatan Serius bagi Pecandu Alkohol

1. Kanker

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ilmuan, mereka mengatakan bahwa mengkonsumsi alkohol secara berlebihan akan memicu timbulnya penyakit kanker. Karena alkohol yang masuk ke tubuh akan diubah menjadi asetaldehida yang merupakan jenis karsinogen kuat. Mengkonsumsi alkohol berlebih akan menyebabkan kanker seperti: kanker mulut, faring (tenggorokan), laring (kotak suara), hati, kolorektal, dan esofagus.

2. Demensia

Taukah anda bahwa mengkonsumsi alkohol dapat mempercepat penyusutan daerah tertentu pada otak yang akan mengakibatkan hilangnya memori kehidupan dan gejala lain dari demensia? Umumnya otak manusia akan mengalami penyusutan seiring bertambahnya usia, yaitu rata-rata 1,9% per dekadenya. Namun, bila anda mengkonsumsi alkohol akan mempercepat penyusutannya.

3. Tekanan darah tinggi

Ketika anda meminum alkohol, tanpa anda sadari tekanan darah anda akan meningkat lebih pesat. Dan hal itu dapat menyebabkan timmbulnya penyakit-penyakit kronis deperti penyakit ginjal, jantung, dan stroke. Tekanan darah yang tinggi akibat pengaruh alkohol juga akan mengakibatkan pikiran anda hilang kendali dan anda akan mudah marah-marah tanpa kejelasan.

4. Pankreatis

Mengkonsumsi alkohol jangka panjang akan mengakibatkan rusaknya pankreas serta akan dapat memicu munculnya penyakit pankreatis. Penyakit ini dapat mengganggu proses pencernaan anda, sehingga perut anda akan mengalami kesakitan yang parah dan diare yang berkelanjutan. Selain itu, minum alkohol juga akan menyebabkan iritasi pada lambung (gastritis).

5. Penyakit kardiovaskular

Alkohol yang di minum berlebihan akan menyebabkan terkumpulnya trombosit dan menggumpal, yang dapat menyebabkan penyakit stroke dan serangan jantung. Selain itu, minum alkohol juga dapat menyebabkan penyakit yang berpotensi menimbulkan kematian yaitu penyakit kardiomiopati, kondisi dimana otot jantung semakin melemah yang akhirnya berlanjut ke gagal jantung serta kelainan pada irma jantung seperti atrial fibrilasi ventrikel. 

6. Anemia

Anemia juga termasuk salah satu penyakit yang ditimbulkan akibat berlebihan mengkonsumsi alkohol, jumlah sel darah merah dalam tubuh akan menurun dan berkurang. Akibat timbulnya anemia juga akan memicu masalah kesehatan anda, salah satunya yaitu anda akan sering mengalami kelelahan dan sesak napas yang berterusan.

7. Sirosis

Didalam alkohol mengandung racun yang sangat berbahaya bagi sel-sel hati, yang jika diminum akan menyebabkan kerusakan parah pada hati dan akhirnya hati tidak akan berfungsi normal kembali seperti sebelum mengkonsumsi alkohol.

Demikianlah 7 masalah kesehatan serius akibat dari kecanduan alkohol. Alkohol merupakan minuman berbahaya, dalam islam sendiri alkohol diharamkan, hal itu dikarenakan alkohol tak baik untuk kesehatan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

wdcfawqafwef